logoblog

Cari

PKM Palibelo Gelar Workshop

PKM Palibelo Gelar Workshop

Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Palibelo menggelar Workshop Sanitasi Total Nerbasis Masyarakat (STBM),  Sabtu (8/2) lalu bertempat di aula kantor Camat Palibelo.

Kesehatan

KM. Rimpu Cili
Oleh KM. Rimpu Cili
08 Februari, 2014 19:16:36
Kesehatan
Komentar: 0
Dibaca: 8523 Kali

Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Palibelo menggelar Workshop Sanitasi Total Nerbasis Masyarakat (STBM),  Sabtu (8/2) lalu bertempat di aula kantor Camat Palibelo. Kegiatan itu berlangsung sehari, dan dibuka Camat Palibelo Drs Zainudin H Usman MM.

Penanggungjawab Workshop, dr. Titien Sumarni mengatakan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) sebagai gerakan yang bermuara pada kemandirian masyarakat dalam penyediaan sanitasi dasar di rumah tangga. 

Menurut Titien Sumarni, Kabupaten Bima  sudah komit untuk mengimplementasikan gerakan itu dalam rangka kontribusi pada pencapaian target sanitasi MDGS, RPJMD provinsi, RPJMD dan SSK serta MPS kabupaten Bima.

Kegiatan yang sumber dananaya berasal Basno kabupaten 2o13 ini merupakan tindak lanjut dari workshop tingkat Kabupaten. Palibelo merupakan Kecamatan yang pertama menggelar kegiatan Workshop. “Workshop mengambil tema membangun komitmen desa untuk mendukung sanitasi total berbasis masyarakat,” jelas mantan Kepala PKM Cenggu ini.

Kata dia lagi,  adapun peserta workshop adalah seluruh Kades dan Ketua BPD  yang ada di lingkup kecamatan palibelo, stake holder kabupaten, lintas sector, tokoh masyarakat, PKK desa dan tokoh agama. “Sedangkan nara sumbernya,  saya sendiri dan camat “ ujar Titien.

 

Baca Juga :


Lebih lanjut Titien mengatakan bahwa tujuan dari pada workshop STBM yakni untuk membangun komitmen dan dukungan desa serta lintas sector dan lintas program di tingkat kecamatan terhadap pencapaian target stop buang air besar sembarangan di Kecamatan Palibelo dengan pendekatan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

Dengan adanya kegiatan ini, maka aparat desa dan BPD serta seluruh komponen masyarakat akan membuat kesepakatan  dan bertekad untuk menghapus atau terbebas dari Buang  Air Besar Sembarangan (BABS) pada akhir tahun 2014. “Dari hasil  Workshop, telah lahir rekomendasi kebulatan tekad peserta untuk menghapus BABS hingga akhir tahun ini,” pungkas Titien yang diamini, Muhammad Farid S.Sos sebagai Kasi Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Bima. (Ory)

http://rimpu-cili.blogspot.com/2014/02/pkm-palibelo-gelar-workshop-stbm.html



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan